oleh

Bupati Dula: Tertibkan Jual – Beli BBM Bersubsidi Gunakan Jirigen

-Ekbis-21 Dilihat

KUPANG, Terasntt.com — Kini marak jual – beli BBM bersubsidi menggunakan jerigen di Kabupaten Manggarai Barat. Hal ini merugikan masyarakat dan pemerintah setempat.

Untuk mengatasinya, Bupati Manggarai Barat, Agustinus Ch. Dula mengeluarkan Surat Edaran menertibkan pembelian/penjualan BBM Bersubsidi yang menggunakan jirigen, botol dan media lain sejenisnya di wilayah kabupaten setempat.

Surat Edaran dengan Nomor: Ek.500/143/IV/2016, tertanggal 5 April 2016 yang copyannya diterima wartawan di Kupang, Selasa (12/4/2016) menyatakan, sehubungan dengan telah diberlakukannya Peraturan Presiden Republik Indoensia Nomor: 191 Tahun 2014, tentang Penyedia, Distribusi dan harga jual eceran Bahan Bakar Minyak dan dalam rangka menata kembali kebijakan penyediaan, pendistribusian dan harga jual eceran BBM di wilayah Kabupaten Mabar, maka dalam pelaksanaannya wajib dan segera disesuaikan dengan amanat Peraturan Presiden tersebut.

Dalam edarannya, Dula memberikan beberapa penegasan diantaranya, Pengaturan pelaksanaan mengenai penyediaan, pendistribusian dan harga jual ecerean BBM, Mekanisme penyediaan, pendistribusian dan harga jual eceran dan sisitim perizinan usaha penyedia BBM Non Subsidi.

Edaran tersebut ditujukan kepada Pimpinan Instansi Vertikal, Kepala SKPD Lingkup Kabupaten Manggarai Barat, Pengusaha SPBU/SPDN BBM Bersubsidi yang beroperasi di wilayah Kabupaten Manggarai Barat, dan Penyalur/penyedia BBM Non Siubsidi yang beroperasi di wilayah Kabupaten Manggarai Barat.

Pada bagian lain dalam Surat Edaran itu disebutkan, penertiban rekomendasi pembelian BBM bersubsidi yang telah dijalankan selama ini untuk disesuaikan dengan Peraturan Presiden Republik Indoensia Nomor: 191 Tahun 2014.

“ Penegakan hukum terhadap pelanggaran penyediaan, pendistribusian dan harga jual eceran BBM. Dan, batas waktu penyesuaian sesuai penegasan tersebut diatas paling lambat 17 (tujuh belas) hari terhitung sejak tanggal dikeluarkan surat edaran ini,” tulis Bupati Dula dalam Edaran yang tembusannya ditujukan kepada Ketua DPRD Manggarai Barat, Wakil Bupati Manggarai Barat, Kajari Labuanbajo, Kapolres Manggarai Barat, General Manager Marketing Operasional Pertamina Region V di Surabaya, dan Operasional Head Depot Pertamina Reo.

Diberitakan sebelumnya, masih marak pengisian BBM bersubsidi di SPBU Semaru Labuan Bajo yang menggunakan jirigen meskipun sudah ada perusahaan resmi yang beroperasi di Labuan Bajo yang menyediakan BBM Non Subsidi atau BBM untuk industri.

Sekretaris Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Manggarai Barat Alvin yang dimintai komentarnya mengatakan, pihaknya mengeluarkan rekomendasi penjualan BBM melalui jirigen namun tetap dalam pengawasan mereka.

“ Ada rekomendasi dari kami, namun secara berkala dilakukan penertiban. Tiap tahun ada SK Tim Terpadu yang melibatkan berbagai instansi untuk menangani penjualan BBM dan penertiban melalaui Sat. Pol PP. Tapi selalu saja ada kucing-kucingan dengan penjual,” kata Alvin.(laurens leba tukan)

Komentar