oleh

BPMK Gelar Rakor Pengelola Dana PEM

-Ekbis-23 Dilihat

KUPANG, Terasntt.com — Untuk mendapatkan informasi dan data dana Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (PEM), Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota (BPMK) menggelar rakor bersama pengelola. Kegiatan tersebut diikuti para camat, lurah dan ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dari masing – masing kelurahan serta SKPD di ruang rapat, Sasando Balai Kota Kupang, Rabu (16/12/2015).

Rakor yang dibukan Staf Ahli Setda Kota Kupang, James Adam ini berjan mulus dan masing – masing pemangku kepentingan saling menginformasikan tetang data dan pengelolaan dana PEM.

James Adam mengatakan, sinergitas dana PEM telah diupayakan agar menjangkau semua usaha ekonomi produktif masyarakat dan penerapan di lapangan benar-benar sesuai hasil kajian berdasarkan unsur ekonomi masyarakat di setiap Kelurahan.

” Saya pikir dana PEM harus lebih berorientasi pada keberadaan ekonomi masyarakat. Agar dana PEM menjangkau secara ekonomi dan tepat guna. Untuk itu perlu ada penerapan secara ekonomi bagi semua jenis usaha masyarakat,” ungkapnya.

Sementara Walikota Kupang, Jonas Salean menegaskan, bahwa harus ada koordinasi yang lebih mendalam antara pengelola dana PEM serta kontrol yang baik terhadap pergulirannya dan dibuktikan lewat usaha masyarakat pemanfaat dana PEM.

” Kalau ada Keluraham yang sudah mencapai 1 miliar, kita bentuk Koperasi untuk mengelolanya. Pemkot akan bantu urus semua administrasi, bahkan kita suplay modalnya. Pemkot memberikan apresiasi kepada pengelola dana PEM dan juga staf ahli serta pendamping dana PEM. Jika mereka mengelola secara profesional maka Pemkot akan memberikan apresiasi sesuai profesi mereka. Khusus untuk LPM tahun depan dana operasionalnya naik dari Rp 5 juta menjadi Rp 5,5 juta. Saya ingin agar dana PEM yang sudah mencapai 1 M kita alihkan menjadi Koperasi saja agar lebih menjangkau ekonomi masyarakat lainn,” tegasnya.(man)
Kita akan urus ijinnya dan kita tambah modalnya,dan untuk semua pihak yamh sudah bekerja baik kita hargai dan berikan apresiasi sesuai profesinya,” tegasnya. Dalam lanjutan pertemuan disampaikam informasi aliran Dana PEM ke setiap Kelurahan dan LPM untuk terus meningkatkan pelayanannya sehingga perguliran Dana PEM berjalan secara optimal. (man)

Komentar