oleh

BPJS Terapkan Program RTW bagi Pekerja

-Ekbis-21 Dilihat

KUPANG, Terasntt.com — Badan Pelayanan Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menerapkan program Return to Work (RTW), yakni kembali bekerja bagi pekerja yang mengalami cacat tubuh akibat kecelakaan lalulintas atau kecelakaan kerja. Melalui Balai Latihan kerja (BLK) mereka dilatih alih profesi berdasarkan keahlian yang bisa mereka tekuni.

Demikian disampaikan kabid Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Kota Kupang, M.Imam Taufik di ruang kerjanya, Rabu (23/3/2016).

Menurutnya, para tenaga kerja yang mengalami kecelakaan kerja hingga kondisi tubuhnya cacat masih bisa dibantu melalui BPJS Ketenagakerjaan untuk bekerja kembali pada perusahaannya dengan alih profesi, asalkan pekerja tersebut tidak di PHK oleh perusahaan tempat Ia bekerja.
” Kalau ada dari para pekerja yang mengalami kecelakaan dan cacat fisik, maka kami akan membantu memberikan pelatihan di BLK, asal perusahaan tidak memecat dia. Wajib bagi kami membantu dia untuk alih profesi. Kalau dulu dia oprator alat berat setelah mengalami kecelakaan dia cacat tubuhnya maka dia kami beri pelatihan pembukuan agar dia tetap bekerja di perusahaan tersebut hanya alih profesi saja. Namun kami harus sesuaikan dengan indekasi medisnya agar pekerja tetap bekerja walau mengalami kecacatan pada fisik tertentu,” tegasnya.

Taufik mengungkapkan, untuk kecalakaan kerja telah diakomodir oleh BPJS Ketenagakerjaan ke Rumah Sakit Trauma Center (RSTC) dan khusus di NTT BPJS Ketenagakerjaan mempunyai 5 tempat RSTC dibeberapa daerah seperti di Ende, Atambua ada 2 RSTC, Waingapu, LabuanBajo dan Kota Kupang.

Menurutnya penanganan para pekerja yang mengalami kecelakaan, langsung oleh RSTC setempat.
” Kami sudah melakukan kerjasama dengan beberapa Rumah sakit yang memenuhi standart pelayanan. Ada di Ende, Atambua, Waingapu, Labuanbajo dan Kota Kupang RSTC pada RSU.Siloam,” ungkapnya.
Khusus RSU.Siloam, lanjut Taufik sudah ada kesepakatan di Hotel Ima beberapa hari yang lalu. Penetapan RSU.Siloam sebagai RSTC merupakan langkah yang tepat dari BPJS ketenagakerja Kota Kupang untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi para pekerja yang mengalami kecelakaan kerja atau kecelakaan lalulintas saat kerja,RSU.Siloam kota Kupang juga akan menjadi RS rujukan dari RSTC lainnya yang ada di NTT.

” RSU siloam kota Kupang sebagai RSTC terlengkap akan menjadi tempat rujukan dari RSTC lainnya di NTT. Bisa juga langsung diantar ke RSU.Siloam Kota Kupang. Kami tetap fasilitasi semua pembiayaannya para tenaga kerja yang mengalami kecelakaan,” katanya.
Sementara Kepala RSU.Siloam dr.Nana Hasan, ketika dikonfirmasi, manegaskan RSU Siloam Kota Kupang akan melaksanakan kesepakatan Kerja Sama Organisasi (KSO) sesuai aturan yang berlaku, sehingga RSU.Siloam tetap melakukan pelayanan kesehatan yang prima untuk menangani pelayanan kesehatan bagi para tenaga kerja yang mengalami kecelakaan hingga ke tahap pelayanan medis yang optimal.
” Tentu kita akan bekerja sesuai KSO yang telah disepakati bersama. Kita mengutamakan pelayanan kesehatan yang prima bagi para tenaga kerja yang mengalami kecelakaan sampai pelayanan medis yang optimal,” tegasnya. (man).

Komentar