oleh

BNN Sebut Sabu Beredar di Indonesia Produksi Malaysia

-Nasional-17 Dilihat

Jakarta, CNN Indonesia — Badan Narkotika Nasional (BNN) menyatakan narkotika jenis sabu yang beredar di wilayah Indonesia adalah produksi negara tetangga Malaysia.

Deputi Pemberdayaan Masyarakat Badan Narkoba Nasional Irjen Pol Bahtiar H Tambunan di Kendari, mengatakan bahan baku untuk memproduksi sabu sabu berasal dari Tiongkok.

“Berdasarkan penelusuran bahwa bahan baku sabu sabu berasal dari Tiongkok. Di produksi di Malaysia dan pasarannya di Indonesia,” kata Bahtiar, seperti diberitakan Antara (16/4).

Indonesia dipilih sebagai sasaran pasar narkotika karena jumlah penduduknya yang besar dan wilayah yang luas dibandingkan dengan negara-negara seperti Singapura, Brunei, dan negara lainnya.

Hal ini harus disadari oleh warga negara Indonesia tanpa kecuali jika mau selamat dari kehancuran. “BNN terus menggalang dan mengimbau seluruh elemen bangsa untuk menangkal narkotika yang mengancam generasi bangsa,” kata Bahtiar.

Deputi Pemberdayaan Masyarakat BNN berada di Kendari bersama unsur Komisi X DPR RI dan Kemenristek dalam acara Munas Asosiasi Relawan Perguruan Tinggi Penyalahguna Narkoba di kampus Universitas Halu Oleo (UHO).

“Narkotika yang diprodusi di Malaysia masuk wilayah Indonesia melalui jalur transportasi darat dan laut. Melalui Sebagian kecil melalui bandar udara,” kata Bahtiar.

Indonesia, kata Bahtiar membangun sinergi dengan negara-negara tetangga untuk mencegah dan memberantas narkoba.

Namun kepekaan dan kesadaran tidak mengedarkan atau memakai narkoba harus dibangun dari warga negara Indonesia sehingga tidak menggiurkan bagi negara pemasar. (Antara)

Komentar