oleh

Barcelona Bungkam Athletic Bilbao 6-0

-Olahraga-76 Dilihat

Jakarta, CNN Indonesia — Barcelona mendapatkan kemenangan besar 6-0 atas Athletic Bilbao di stadion Camp Nou. Kemenangan Barcelona tak lepas dari kartu merah Gorka Iraizoz yang ada pada saat pertandingan baru berlangsung lima menit.

Nasib Bilbao bisa dikatakan telah ditentukan begitu kiper mereka, Iraizoz terkena kartu merah di menit kelima plus hukuman penalti yang dieksekusi dengan sempurna oleh Lionel Messi.

Pasalnya setelah itu pertandingan mutlak jadi milik Barcelona tanpa sekalipun Bilbao memiliki kans untuk memutarbalikkan keadaan.

Di sisa 40 menit babak pertama, Barcelona menambah satu gol lagi lewat aksi Neymar memanfaatkan umpan terobosan Luis Suarez. Berhadapan satu lawan satu melawan Iago Herrerin, Neymar menceploskan bola ke dalam gawang dengan tendangan cungkil.

Ketimpangan kekuatan tim makin terasa di babak kedua. Barcelona semakin leluasa mendominasi pertandingan dan terus menggempur lini pertahanan Bilbao.

Baru dua menit berjalan, Suarez yang kali ini ganti mendapat umpan terobosan dari Neymar tanpa kesulitan menaklukkan Herrerin.

Lima belas menit kemudian, Neymar lagi-lagi jadi kreator terciptanya gol keempat Barcelona. Aksi individu Neymar di sisi kiri tak mampu dibendung oleh barisan pertahanan Bilbao. Neymar kemudian melepaskan umpan pada Ivan Rakitic yang dengan mudah menggelontorkan bola ke dalam gawang.

Pada menit ke-68, Suarez kembali mencatatkan namanya di papan skor. Striker Uruguay itu dengan jeli membaca arah umpan Arda Turan. Suarez pun kemudian hanya cukup mendorong bola untuk masuk ke gawang Bilbao.

Keunggulan 5-0 tak membuat Barcelona berpuas diri. Mereka masih terus bermain agresif. Di menit ke-82, umpan terukur Sergio Busquets membuat Suarez kembali berhadapan dengan Herrerin. Suarez dengan dingin menaklukkan Herrerin untuk ketiga kalinya di laga tersebut.

Kemenangan ini membuat Barcelona mengoleksi 45 poin dan duduk di peringkat kedua klasemen sementara La Liga. Barcelona tertinggal dua angka dari Atletico Madrid yang menjadi pemimpin klasemen namun skuat asuhan Luis Enrique ini masih memiliki satu pertandingan lebih banyak.

Susunan Pemain

Barcelona (4-3-3)

Bravo, Aleix Vidal, Pique, Mascherano, Jordi Alba (Bartra 69); Rakitic (Sergi Roberto 63), Busquets, Iniesta; Messi (Turan 46), Suarez, Neymar

Athletic Bilbao (4-2-3-1)

Iraizoz; Boveda, Etxeita, Laporte, Balenziaga; San Jose, Benat (Itturaspe 63); De Marcos, Eraso, Muniain (Herrerin 6); Williams (Sabin 56) (ptr)

Komentar