oleh

Aturan Baru MotoGP Akibat Insiden Rossi-Marquez

-Olahraga-62 Dilihat

Jakarta, CNN Indonesia — Insiden yang melibatkan Valentino Rossi dan Marc Marquez dalam seri MotoGP di sirkuit Sepang, Malaysia, pada musim lalu telah membuat perubahan.

Seperti dilansir Crash.net, akibat dari insiden itu terjadi pemisahan peran untuk Race Direction. Dorna–penyelenggara MotoGP–tak akan memiliki peran lagi dalam Race Direction.

Pada akhir musim lalu keputusan Race Direction terhadap Valentino Rossi usai GP Sepang disinyalir terpengaruh pula oleh kehadiran Dorna.

Dalam pertemuan Komisi Grand Prix yang dihadiri FIM, Dorna, MSMA, dan IRTA diputuskan panel dari Race Direction tak akan lagi melibatkan Dorna.

“Setelah insiden pada akhir tahun lalu, kami, Dorna memutuskan tidak akan lagi terlibat dalam komite yang akan menetapkan penalti bagi pebalap atas setiap pelanggaran atas kode olahraga saat balapan,” ujar CEO Dorna Carmelo Ezpeleta seperti dikutip dari situs resmi MotoGP (www.motogp.com).

Dengan demikian, panel baru dari Race Direction akan terdiri atas Race Director Mike Webb ditambah lagi dua orang dari FIM. Presiden FIM Vito Ippolito mengatakan keputusan memisahkan antara Race Direction dan juga juri, serta panel adalah untuk membiarkan pengelolaan balap lebih bertanggung jawab.

“Kami ingin membiarkan mereka untuk bebas mengelola balap tetapi tidak melibatkan mereka lagi dalam tugas memberi hukuman kepada pebalap. Itu memerlukan lebih banyak waktu dan dedikasi spesial,” kata Ippolito seperti dikutip dari Crash.

Sebelum keputusan ini didapat, Race Direction MotoGP terdiri atas Mike Webb yang mewakili IRTA, Franco Uncini dari FIM, Javir Alonso dari Dorna, dan Loris Capirossi sebagai perwakilan pebalap dan penasihat ahli. (kid/kid)

Komentar