oleh

Atasi Resiko Bencana, BPBD Kota Gelar Rakor

-Daerah-60 Dilihat

KUPANG, Terasntt.com — Dalam rangka kesiap – siagaan mengatasi bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kupang menggelar rapat koordinasi (Rakor). Rakor dimaksud untuk membagi peran mengatasi resiko bencana.

Rakor yang berlangsung di Aula Sasandor, Balai Kota Kupang, Senin (14/3/2016) ini dibuka Walikota Kupang, Jonas Salean dan dihadiri semua pihak terkait.

Dalam arahannya, Salean mengatakan harus ada sikap proaktif dan tanggung jawab penuh dari semua pihak terhadap kejadian bencana alam untuk mengambil langkah antisipatif.

Menurutnya, ancaman bencana yang sering terjadi di Kota Kupang adalah kekeringan, tanah longsor, banjir dan kebakaran hutan sehingga perlu keterlibatan semua steakholder dan tingkat kesadaran masyarakat tentang resiko bencana.

” Perlu keterlibatan semua pihak, baik pemerintah, masyarakat dan dunia usaha serta berbagai steakholder melaksanakan program yang disepakati bersama guna mengambil langkah-langkah pemecahan masalah bencana, dan perlu ada tingkat kesadaran masyarakat dalam hal resiko bencana,” katanya.

Sementara Kepala Pelaksana (kalak) BPBD Kota Kupang A.D.E.Manafe dalam laporannya mengatakan, pelaksanaan Rakor
kesiap-siagaan bencana dilaksanakan akibat makin meningkatnya intensitas perubahan iklim.

Kegiatan ini lanjutnya, melibatkan berbagai pihak dari berbagai sektor dalam rangka mengantisipasi terjadinya resiko bencana.

Dia mengatakan, bahwa tujuan diselenggarakannya rakor adalah memberikan pemahaman yang sama tentang kondisi pra bencana, tanggap darurat dan paskah bencana, informasi bulanan dari kejadian bencana, upaya strategis penanggulangan bencana, dan mencari solusi secara bersama terhadap penanggulangan bencana.
Menurut Manafe rakor tersebut diikuti 150 peserta dari BPBD, BMKG, Basarnas, TNI, Polri, camat, Lurah dan media masa.(man)

Komentar