oleh

Astaga! Seorang Ibu Di Kota Kupang Tertangkap Gunakan 9 KTP

-Humaniora-27 Dilihat

KUPANG, Terasntt.com – Penerapan elektronik Kartu Tanda Penduduk (e_KTP) yang mulai dilaksanakan pemeirntah sejak beberapa tahun lalu membawa manfaat yang cukup besar terutama untuk penertiban administrasi kependudukan.
Pelaksanaan KTP elektronik tersebut selain tertib administrasi kependudukan juga mencegah kepemilikan identitas ganda oleh warga.
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Kupang, David Marts Mengi, SH kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (4/11) kemarin mengungkapkan, semenjak program itu diterapkan pihaknya berhasil mengungkap kepemilikian identitas ganda oleh warga Kota Kupang.
“KTP Elektrik mampu mendeteksi warga yang memiliki kartu identitas ganda,” ungkapnya.
Hal itu kata dia, beberapa waktu lalu pihaknya digegerkan dengan temuan, dimana salah seorang ibu rumah tangga di Kota Kupang kedapatan memiliki sembilan kartu identitas.
“Temuan ini terbaca saat pelaku mau membuat KTP pada bulan juli lalu. Saat proses verifikasi data melalui sistim elektrik, pelaku terbaca memiliki identitas dengan jumlah sembilan KTP,” ungkapnya.
Saat itu lanjut dia pihaknya langsung menyita berkas pelaku untuk di proses.
“Temuan ini merupakan dampak positif dari perubahan system KTP SIAK ke KTP Elektrik. Kelebihan dari sistim eKTP cukup membantu pemerintah dalam mendeteksi warga yang memiliki kartu identitas ganda,” katanya.(bet)

Komentar