oleh

Antusias Warga Kota Kupang Tinggi Dalam Mengurus KIA

-Daerah-102 Dilihat

Kupang, Terasntt.com,- Antusiasme warga Kota Kupang dalam mengurus dokumen prinadi anak berupa Kartu Identitas Anak ( KIA ) sangat tinggi.

” Dalam kepengurusan KIA ini yang datang ke DispendukCapil setiap hari mencapai 40 KIA yang di cetak.ta Pelaksana Tugas (Plt) Disdukcapil Kota Kupang,” kata Kepala Kepala DispendukCapil Kota Kupang, Agus Riri Mase dikantornnya , Jumat (10/5).

Dijelaskannya, untuk kepengurusan KIA di bagi menjadi dua jenis yakni, KIA untuk anak berusia 1 hari sampai 5 tahun dan anak usia 5 tahun sampai 17 tahun.

“Untuk anak usai 1 hari sampai 5 tahun KIA yang diterbitkan tanpa menggunakan foto, sedangkan bagi anak berusia 5 tahun-17 tahun kurang satu hari diwajibkan menggunakan foto diri pribadi,” katanya.

Menurutnya, blangki yang disiapkan DispendukCapil dalam kepengurusan KIA ini hanya menyiapkan 10 ribu blangko untuk penerbitan perdana.

“Dalam kepengurusan ini warga wajib menyiapkan persyaratnya yakni  melampirkan KK, pas foto bagi anak yang berusia 5 – 17 tahun kurang satu hari, dan Akta Lahir anak,” lanjutnya.KIA tersebut berfungsi sebagai kartu identitas yang fungsinya seperti KTP bagi orang dewasa.

“Penerbitan KIA sebagai hak kelengkapan administrasi bagi anak yang belum wajib memiliki KTP, guna nantinya bisa  mempermudah administrasi kependudukan yang sah secara hukum, guna dapat digunakan berbagai urusan  seperti pengurusan sekolah, imigrasi, pengurusan pelayanan kesehatan serta transaksi keuangan yang melibatkan kepentingan anak,” tuturnya.(Yon)

Komentar