oleh

Anggaran Pilkada Flotim 2017 Sebesar Rp 14 Mliliar

-Daerah-18 Dilihat

LARANTUKA, Terasntt.com –Pemerintah Kabupaten FloresTimur (Flotim) menetapkan dana pemilu kada (Pilkada) setempat pada tahun 2017 sebesar Rp 14 miliar. Sementara dana yang diusulkan KPU Flotim sebesar Rp 23 milia.

Penetapan APBD 2016 untuk dana Pilkada setengah bagian usulan KPU itu mempertimbangkan kondisi keuangan daerah yang digunakan sebagian besar untuk belanja publik.

Demikian disampaikan Assiten I Sekda Flotim, Abd Razak Jakra, SH saat ditemui di Kantornya, Selasa (29/12/2015).

Ia mengakui, penetapan APBD 2016 saat ini sedang dalam asistensi namun untuk dana pemilukada 2017 disepakati Rp 14 miliar.

“Untuk kekurangan, kita akan anggarkan kembali pada perubahan anggaran tahun 2016. Tentunya, kita akan lihat mana kebutuhan prioritas dan penting yang harus kita belanjakan dalam tahun 2016,” kata Jakra begitu sapaan akrab Abd Razak Jakra.

Menurut mantan asisten III dan Sekwan Kabupaten Flotim ini, besarnya anggaran yang diajukan KPU dalam penjelasan komisioner mengikuti Revisi Undang-Undang Nomor 01 Tahun 2015, yang mengamanatkan bahwa biaya kampanye pasangan calon menjadi tanggung jawab penyelenggara.

Biaya kampanye dimaksud, kata Jakra, meliputi pengadaan bahan kampanye, mulai dari leaflet, brosur, stiker, spanduk, baliho, iklan di media massa serta debat pasangan calon.

” Namun untuk kegiatan kampanye lain seperti rapat terbatas, rapat terbuka masih menjadi tanggung jawab dari pasangan calon,” katanya.

Ia juga mengakui, nantinya pada tahun 2017 mendatang akan berlangsung pilkada serempak. Dan, sebelum itu akan berlangsung dua pilkada serentak yang parsial, yang mencakup beberapa daerah saja. Pertama, Pilkada 17 Februari 2016.

Hal ini juga kata Jakra karena menurut keputusan Mahkamah Konstitusi, masa jabatan kepala daerah dan wakil kepala daerah tidak boleh dipotong sehingga pengaturan dilakukan bertahap.

Informasi yang dihimpun di wilayah Kabupaten Flotim, diperkirakan sekitar empat hingga lima pasangan calon yang berasal dari partai besar seperti Golkar yang mengantongi lima kursi, PDI Perjuangan empat kursi, Gerindra empat kursi, PKB tiga kursi dan Nasdem empat kursi.

Sementara partai lainnya yang juga memiliki kursi di DPRD Flotim, yakni Hanura dua kursi, PKPI dua kursi, PAN dan PPP satu kursi akan bergabung ke partai yang memiliki kursi besar sesuai persyaratan satu calon enam kursi.

Walau demikian, calon bupati yang disebut-sebut akan maju pada Pilkada 2017 cukup banyak seperti Yoseph Lagadoni Herin, Valens Sama Tukan, Antonius Hubertus G Hadjon, Anton Doni Dihen, Yusdi Diaz, Simon Hayon, Felix Fernandez, Ahmad Peten Sili, dr. Yosep Aman dan Kus Diaz Alfi. Sementara pasangan yang saat ini sudah digadang-gadang menjadi pasangan bakal calon, yakni Anton Doni Dihen – Kus Diaz Alffi. (ifa)

Komentar