oleh

Amankan Perda, Pol PP Tertibkan PKL

-Hukrim-23 Dilihat

KUPANG, Terasntt.com — Salah satu tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) Polisi Pamong Praja (Pol PP) adalah mengamankan dan menegakan peraturan daera (Perda) yang dikeluarkan kepala daerah. Pelanggaran Perda merupakan tanggungjawabnya sebagai Polisi Pamong Praja.

” Penerapan Perda Kota Kupang terkadang tidak berjalan maksimal dan implemenasinya di masyarakat sangat rendah sehingga muncul pelanggaran,” kata Kasat Pol PP, Kota Kupang, Thomas Dagang di ruang kerjanya, Rabu (06/01/16).

Menurutnya, pelanggaran terhadap sejumlah Perda pada tahun 2015 cukup tinggi sehingga perlu disikapi dan ditindaklanjuti pada tahun 2016.

” Yang paling menonjol adalah PKL sebanyak 267 kasus. Pelanggaran Perda Nomor.10, tentang ternak liar sebanyak 132 kasus dan Perda Nomor. 9 tentang bangunan sebanyak 106 kasus,” katanya.

Dagang mengatakan, langkah yang diambilnya untuk mengatasi kasus tersebut dengan cara menggelar operasi setiap hari oleh Pol PP untuk peningkatan kasus tersebut pada tahun 2016.

” PKL tetap kami tertibkan, ternak kami koordibasikan dengan uurah setempat. Ini instruksi Wali Kota agar lurah harus proaktif, karena Lurah yang kenal pemilik ternak. Jika tidak bisa kami ambil alih penanganannya. Dan untuk bangunan juga tetap kani kontrol keberadaannya,” kata Dagang.
Pada tempat berbeda, Lurah Oesapa Johanes Keban, ketika dikonfirmasi wartawan menegaskan, pihaknya sudah mendapatkan informasi dari pihak Pol PP kota Kupang soal ternak liar di wulayahnya.

” Saya sudah mendapat informasi dan siap menggelar rapat koordinasi dengan para pemilik hewan serta ketu RT/RW yang ada untuk menindaklanjuti instruksi Wali Kota Kupang,” katanya.(man)

Komentar