oleh

Aksi Rp 1000 Masyarakat Fatululi, Wujudkan Pembangunan

-Daerah-65 Dilihat

KUPANG, Terasntt.com — Aksi Rp 1000 dari masyarakat yang digalakan Lurah Fatuli, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, Richard Z.Therik mendapat dukungan penuh masyarakat. Dana tersebut akan digabungkan dengan dana operasinal bantuan Pemerintah Kota, bisa mewujudkan berbagai pembangunan di kelurahan setempat.

” Dalam rancangan kami, jika aksi tersebut dapat dikelola secara baik, maka pembangunan Kelurahan dapat tercapai dari partisipasi masyarakat. Langkah strategis dan inovatif yang kami lakukan mendapat respon positif dari berbagai kalangan,” Therik saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (4/2/e016).

Dia menjelaskan, bahwa aksi Rp 1000 yang dirancangnya sebagai dasar membangun berbagai kebutuhan tingkat Kelurahan Fatululi.

Sebagai contoh, lanjutnya jika seorang anak kecil memiliki uang jajan Rp 5000 setiap hari, maka konsumtifnya Rp 2000 rupiah akan dipakai untuk jajan pada saat istirahat pertama dan 2000 rupiah dan Rp 2000 berikut jajanan waktu istirahat kedua. Dan sisanya Rp 1000 untuk tabungan.

” Langkah yang kami ambil ini mengadopsi dari program Kelurahan siaga,” katanya.

Ia juga membreak down program Brigade Kupang Sehat (BKS) masyarakat mempunyai investasi untuk kebersihan lingkungan hanya dengan Rp 1000 dana tersebut kembali digunakan bagi kegiatan masyarakat.

Therik mencoba membangun kesepahaman dengan masyarakat untuk kontribusi Rp 1000 khusus bagi keluarga yang mampu, jika berjalan baik maka pungutan akan dilakukan oleh masing – masing RT. Asumsinya jika ada 20 KK dikali Rp 1000 /KK maka dari 48 RT yang ada otomatis bisa mengumpulkan uang minimal Rp 28 juta perbulannya. Dan jika ditambah dengan dana operasional yang diberikan Pemkot minimal Rp 30 juta, maka sudah mendapatkan biaya kebutuhan kegaiatan kemasyarakatan dan pembangunan Kelurahan Fatululi.
” Rp 1000 untuk investasi masyarakat dari keluarga yang mampu adalah bentuk partisipasi dalam rangka memberikan sumbangsi bagi kegiatan kemasyarakatan. Bentuk dari aksi Rp 1000 Ini akan memberikan jaminan investasi yang besar bagi kegiatan kemasyarakatan dan pembangunan Kelurahan Fatululi,” jelasnya.

Pada tempat berbeda, Walikota Kupang Jonas Salean memberikan apresiasi yang tinggi atas langkah inovasi dari Lurah, Fatululi Richard Z.Therik tersebut.

Menurutnya, hal tersebut harus menjadi contoh bagi 50 Lurah yang lainnya untuk berinovasi membangun Kelurahan -kelurahan yang ada.

Hal senada juga pernah dinyatakan, Salean sewaktu memberikan sambutan membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan kecamatan (Musrenbvangcam) Oebobo, Rabu 3 Februari 2016. (man).

Komentar