oleh

20 Persen Lebih Desa di TTS Belum Berlistrik

-Ekbis-91 Dilihat

Bendahara Fraksi Hanura DPRD NTT, Eduard Buce Lioe/ foto thomas duran

Kupang, terasntt.com — Target secara nasional tahun 2020 seluruh desa di Indonesia berlistrik. Hingga akhir tahun ini di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) sekitar 20 persen lebih desa belum berlistrik.

” TTS saat ini sudah mencapai 70 persen lebih desa terpasang listrik. Sisanya sementara dalam pelaksanaan. Jika tidak ada hambatan tahun 2020 semua desa sudah menikmati listrik,” kata bendahara Fraksi Hanura DPRD NTT, Eduard Buce Lioe di gedung DPRD setempat, Kamis (5/12/2019).

Menurutnya desa – desa yang belum berlistrik tersebar di tiga wilayah masing – masing, Amanuban, Amanatun dan Mollo.

” Amanuban itu boleh dikatakan semua sudah terkontrak sehingga prosentasinya sangat kecil. Prosentasi yang paling besar ada di Mollo. Karena Mollo itu masih ada beberapa desa yang belum terpasang, jika pemasangannya tahun ini dan dilanjutkan tahun 2020, ya…semua desa di Mollo bisa menikmati listrik. di Mollo kurang lebih belasan persen yang belum terpasang. Kita optimis 2020 terpasang 100 persen,” ujar mantan kepala PLN Cabang Soe ini.

Buce Lioe mengatakan, bahwa sumber listrik khusus trans Timor terpusat di Kawasan Industri (KI) Bolok melayani wilayah Kupang hingga Atambua dengan media transmisi 70.000 volt.

” Jika terjadi blackout di Kupang dampaknya akan dirasakan Kabupaten Kupang sampai Atambua. Sementara ini Kabupaten Malaka masih menggunakan Diesel, masih merencanakan transmisi dari Belu – Malaka,” katanya.

Menurut Buce Lioe, pembangkit tidak ada masalah karena daya yang tersedia masih jauh dari beban puncak yang ada. Sehingga katakanlah trans timor semua terpasang listrik juga daya masih mencukupi.

” Ini hanya masalah waktu, ketersediaan daya cikup kemudian pembangunan ke desa – desa dalam pelaksanaan sehingga optimis 2020 semua masyarakat bisa menikmati listrik,” tegasnya.

Ia menghimbau agar masyarakat dan para tokoh ikut mendukung program pemerintah ini. Dan katakanlah jika pohon yang dilewati jaringan secara teknis harus ditebang, mohon diizinkan karena pohon bisa mengganggu penyaluran tenaga listrik.(m45)

Komentar